4 Makanan Pencegah konstipasi

Pencernaan yang lancar adalah salah satu tanda tubuh yang sehat. Tak hanya pencernaan yang melibatkan konsumsi makanan, tetapi juga pembuangan sisa makanan dari tubuh. Salah satu masalah yang berkaitan dengan pembuangan sisa makanan adalah konstipasi atau buang air besar yang tak lancar. Ketika sulit buang air besar, biasanya orang akan mengonsumsi air, buah pepaya, atau minum obat untuk melancarkannya. Namun selain hal-hal tersebut masih ada beberapa makanan yang bisa digunakan untuk mengatasi konstipasi. Anda mungkin jarang mendengarnya, namun beberapa makanan alami ini benar-benar bisa membantu untuk mencegah konstipasi dan melancarkan buang air besar, seperti dilansir oleh Daily Health Post (01/04).

1. Blackstrap Molases

Molases atau blackstrap molasses adalah sejenis pemanis yang berasal dari pengkristalan gula. Blackstrap molases dibuat dari tetes tebu dan biasanya memang berwarna agak hitam seperti namanya. Berbeda dengan gula pasir dan sirup jagung, pemanis yang satu ini mengandung banyak mineral seperti zat besi, tembaga, dan mangan. Yang mengejutkan, molases ini juga bisa membantu melancarkan buang air besar dan mengatasi konstipasi. Caranya Anda hanya perlu memanaskan air dan tambahkan dua sendok teh molases organik. Aduk hingga merata. Setelah dingin minum minuman tersebut. Sangat baik untuk meminumnya di pagi hari. Mengonsumsi minuman ini juga diketahui bisa meningkatkan energi lho!

2. Xylitol

Bicara tentang xylitol, yang ada di kepala Anda mungkin adalah kesehatan gusi dan gigi, serta penurunan berat badan. Namun sebenarnya xylitol juga bisa membantu Anda untuk membersihkan usus jika dikonsumsi dalam jumlah banyak. Banyak penelitian yang menunjukkan bahwa xylitol aman untuk dikonsumsi dalam jumlah banyak dan bisa membantu mengatasi konstipasi. Namun sebaiknya berhati-hati ketika memilih xylitol, jangan yang terbuat dari jagung atau tanaman yang sudah dimodifikasi secara genetik.

3. Cokelat hitam

Cokelat hitam sangat berbeda dengan berbagai jenis cokelat susu. Cokelat hitam seringkali disebut sebagai salah satu jenis cokelat yang sehat. Cokelat hitam diketahui mengandung banyak antioksidan yang baik untuk kesehatan. Salah satunya adalah untuk mengatasi konstipasi. Namun ini bukan karena adanya antioksidan di dalamnya, melainkan karena cokelat hitam juga kaya magnesium. Ketika memilih cokelat hitam sebaiknya pilih yang organik dan mengandung setidaknya 75 persen cacao.

4. Madu mentah

Salah satu jenis madu yang baik untuk dikonsumsi adalah madu yang tidak diproses. Madu yang masih mentah akan mengandung semua nutrisi yang terkandung di dalamnya, termasuk enzim dan mineral yang baik untuk sistem pencernaan. Salah satu cara terbaik untuk mengatasi konstipasi adalah mencampur madu dengan air hangat kemudian meminumnya 30 menit sebelum makan. Itulah beberapa jenis makanan yang bisa dikonsumsi untuk melancarkan buang air besar dan mengatasi konstipasi. Makanan tersebut bisa menjadi alternatif di samping makanan lain yang baik untuk pencernaan. Selamat mencoba!.

sumber : merdeka.com

0 Response to "4 Makanan Pencegah konstipasi"

Posting Komentar

wdcfawqafwef