5 Fakta menarik Papua Nugini

Nianan - Negara Papua nugini adalah negara yang berada pada sebelah timur Indonesia dan berbatasan langsung dengan daratan indonesia. Tidak di pungkiri papua nugini ini memiliki hubungan yang sangat kuat dengan bangsa indonesia terutama orang papua di irian jaya.

Negara ini sudah di akui secara resmi sebagai negara independen. negara ini merupakan negara Oseania yang menempati bagian timur pulau Irian Jaya bersama Papua, dan pulau-pulau lepas pantai di Melanesia, di bagian barat daya Samudera Pasifik di sebelah utara Australia.

papua_new_guinea.gif
Gambar : nhiageo.blogspot.com

Walaupun kita sudah mengetahui sejak lama tentang negara tersebut. Namun, masih banyak yang kita belum ketahui tentang hal-hal yang menarik yang ada di negara tersebut.

Berikut ini adalah fakta menarik tentang papua nugini seperti yang sudah dilansir merdeka.com.

1. Geografi

Menempati area seluas 462.840 kilometer persegi, Papua Nugini adalah negara terbesar ke-54 di dunia. Papua Nugini memiliki daerah dataran tinggi terpadat, yang sebagian besar ditutupi dengan hutan hujan tropis. Hutan hujan yang lebat itu dapat ditemukan di dataran rendah dan pesisir, serta daerah lahan basah yang sangat besar di sekitar sungai Sepik dan Fly. Daerah tersebut membuat pemerintah Papua Nugini sendiri menjadi kesulitan mengembangkan infrastruktur transportasi. Beberapa daerah hanya dapat diakses dengan berjalan kaki atau dengan pesawat udara.

Puncak tertinggi di negara itu adalah Gunung Wilhelm yang berada pada ketinggian 4.509 meter. Papua Nugini juga dikelilingi oleh terumbu karang yang berada di bawah pengawasan ketat pemerintah, demi kepentingan pelestarian. Negara ini juga terletak di Cincin Api Pasifik, pada titik pertemuan beberapa lempeng tektonik. Oleh karenanya, Papua Nugini memiliki sejumlah gunung berapi aktif, yang sering sekali meletus. Gempa bumi relatif sering terjadi, terkadang bahkan disertai tsunami.

2. Budaya

Diperkirakan lebih dari seribu suku adat hidup berdampingan di Papua Nugini. Karena keberagaman ini, banyak ekspresi budaya yang muncul di negara tersebut. Masing-masing suku telah menciptakan bentuk- bentuk ekspresif tersendiri dalam seni, tari, persenjataan, kostum, menyanyi, musik, arsitektur dan masih banyak lagi. Sebagian besar dari kelompok-kelompok budaya tersebut juga memiliki bahasa sendiri. Mereka umumnya tinggal di desa- desa, dan mengandalkan pertanian subsisten.

Di beberapa daerah, beberapa suku masih berburu dan mengumpulkan tanaman liar (seperti akar ubi) untuk makanan mereka. Kerang laut juga tidak lagi menjadi mata uang di Papua Nugini, karena itu telah dihapuskan sebagai mata uang pada tahun 1933. Namun, tradisi ini masih menjadi kebiasaan masyarakat daerah di Papua Nugini. Dalam beberapa budaya lokal, untuk meminang pengantin wanita, pengantin pria harus membawa sejumlah cangkang kerang yang bermata emas sebagai mahar. Di daerah lainnya, harga pengantin dibayar dengan babi, kasuari atau uang tunai.

3. Transportasi

Transportasi di Papua Nugini sangat terbatas karena kondisi geografi negara tersebut yang berada di daerah pegunungan. Port Moresby, yang merupakan ibukota Papua Nugini, bahkan tidak memiliki jalan penghubung dengan kota- kota besar lainnya, dan masih banyak desa-desa terpencil di Papua Nugini yang hanya bisa dijangkau dengan pesawat udara atau berjalan kaki. Akibatnya, perjalanan udara menjadi transportasi paling penting dan berharga paling tinggi di Papua Nugini.

Selain memiliki dua lapangan terbang internasional, Papua Nugini juga mempunyai 578 lapangan terbang lainnya, yang sebagian besar tak beraspal. Sayangnya, aset tersebut tidak dipelihara dengan standar operasi yang baik, sehingga sistem transportasi yang buruk tetap menjadi hambatan utama bagi persatuan nasional negara tersebut.

4. Agama

Pemerintah menegakkan hak konstitusional untuk kebebasan berbicara, berpikir, dan beragama. Sensus tahun 2000 menemukan bahwa 96 persen dari masyarakat Papua Nugini memeluk Kristen. Namun, masih ada banyak warga yang menggabungkan agama Kristen dengan beberapa praktik keagamaan tradisional setempat. Dan sekitar 4.000 orang di Papua Nugini mengidentifikasi diri mereka sebagai Muslim. Agama- agama tradisional di Papua Nugini juga seringkali digolongkan animisme. Beberapa juga cenderung memiliki unsur pemujaan leluhur.

5. Perekonomian

Papua Nugini kaya akan sumber daya alam, termasuk mineral dan sumber daya terbarukan, seperti hutan, laut, dan pertanian. Medan yang terlalu kasar, termasuk daerah gunung dan lembah, rawa-rawa dan pulau-pulau, dan tingginya biaya pengembangan infrastruktur, dikombinasikan dengan faktor-faktor lain, termasuk hukum dan ketertiban dan sistem kepemilikan tanah adat, membuat pengembang luar sulit masuk ke Papua Nugini. Sementara itu, pengembang lokal juga terhalang oleh kurangnya investasi di bidang pendidikan, kesehatan, ICT dan akses keuangan. Pertanian akhirnya menjadi mata pencaharian utama bagi 85 persen masyarakat Papua Nugini dan memberikan sekitar 30 persen dari pendapatan per kapita negara. Deposit mineral, termasuk emas, minyak, dan tembaga, menyumbang 72 persen dari pendapatan ekspor. Produksi minyak kelapa sawit juga telah berkembang selama beberapa tahun terakhir, diikuti oleh kakao da

0 Response to "5 Fakta menarik Papua Nugini"

Posting Komentar

wdcfawqafwef