6 Aksi Overtake Fenomenal di MotoGP

Nianan - Race demi race pada gelaran motoGp adalah salah satu race yang paling ditunggu-tunggu dalam dunia balap. Hal yang selalu bisa membuat kita kagum adalah aksi-aksi para pembalap-pembalap profesional saatmelakukan overtake.

Memang kehadiran pebalap jempolan seperti Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez membuat persaingan MotoGP di era 2000an semakin seru. Pebalap yang sering disebut sebagai alien di lintasan balap MotoGP ini memang sering melakukan aksi overtake atau menyalip fenomenal yang membuat ajang balap ini makin seru.


Memang kehadiran pebalap jempolan seperti Valentino Rossi, Casey Stoner, Jorge Lorenzo, dan Marc Marquez membuat persaingan MotoGP di era 2000an semakin seru. Pebalap yang sering disebut sebagai alien di lintasan balap MotoGP ini memang sering melakukan aksi overtake atau menyalip fenomenal yang membuat ajang balap ini makin seru seperti yang dilansir merdeka.com


1. Marquez - Rossi

Aksi overtake antara Valentino Rossi dan Marc Marquez di sirkuit Laguna Seca tepatnya di tikungan tajam corkscrew menjadi salah satu aksi overtake yang paling fenomenal di gelaran balap MotoGP seri 2013 kemarin. Selain aksi nekad yang melibatkan dua pebalap besar tersebut, aksi fenomenal ini juga banyak dibicarakan karena Marquez mengambil posisi Rossi di tikungan tersebut dengan cara yang sama persis dengan yang dilakukan Rossi di tempat yang sama ketika dirinya berduel dengan Stoner di tahun 2008 lalu.

2. Marquez - Lorenzo

Selain aksi overtake di sirkuit Laguna Seca antara Marquez dan Rossi. Di gelaran balap 2014 ini juga ada satu aksi overtake fenomenal dan kontroversi yang juga dilakukan oleh Marquez, namun kali ini yang menjadi korban adalah Jorge Lorenzo.

Aksi tersebut terjadi di sirkuit Jerez yang mana keduanya terlibat persaingan sengit untuk mendapatkan posisi kedua sampai akhirnya keduanya bersenggolan di tikungan terakhir sebelum garis finis yang menyebabkan Lorenzo melebar keluar lintasan.

3. Rossi - Lorenzo

Aksi overtake paling fenomenal di ajang balap MotoGP lainnya adalah aksi yang melibatkan Rossi dan Lorenzo di sirkuit Catalunya tahun 2009.

Memang saat itu Rossi dan Lorenzo yang tergabung dalam satu tim, Yamaha factory Racing, tengah terlibat persaingan ketat untuk merebut gelar juara dunia.

Kejadian overtake fenomenal ini sendiri terjadi di lap terakhir GP Catalunya yang mana Rossi secara nekad menyalip Lorenzo di tikungan terakhir untuk merebut posisi finis pertama. Aksi ini sendiri memang dianggap di luar akal sehat oleh para pengamat MotoGP pada saat itu.

4. Rossi - Stoner

Kejadian overtake fenomenal lainnya adalah ketika Rossi dan Stoner bersaing ketat di sirkuit Laguna Seca di musim 2008.

Kala itu, Rossi berhasil melakukan aksi nekat dengan mengambil posisi Stoner yang kala itu masih memperkuat tim Ducati di tikungan tajam corkscrew hingga motornya seikit keluar lintasan dan keduanya hampir bertenggolan.

3. Rossi - Lorenzo

Aksi overtake paling fenomenal di ajang balap MotoGP lainnya adalah aksi yang melibatkan Rossi dan Lorenzo di sirkuit Catalunya tahun 2009.

Memang saat itu Rossi dan Lorenzo yang tergabung dalam satu tim, Yamaha factory Racing, tengah terlibat persaingan ketat untuk merebut gelar juara dunia. Kejadian overtake fenomenal ini sendiri terjadi di lap terakhir GP Catalunya yang mana Rossi secara nekad menyalip Lorenzo di tikungan terakhir untuk merebut posisi finis pertama. Aksi ini sendiri memang dianggap di luar akal sehat oleh para pengamat MotoGP pada saat itu.

6. Rossi - Biaggi

Rossi dan Biaggi memang menjadi dua pebalap paling paling sering berseteru di dalam lintasan meskipun keduanya merupakan rekan satu kompatriot.

Aksi overtake fenomenal antara keduanya ini terjadi di seri pembuka di musim terakhir kelas 500cc di mana Rossi dan Biaggi bersaing ketat untuk menjadi yang terdepan.

Dari aksi overtake keduanya ini terlihat jika Biaggi sempat menyikut Rossi saat keduanya tengah melaju di lintasan lurus dan tengah melaju di kecepatan 220km/jam. Dua lap setelahnya, Rossi berhasil melewati Biaggi untuk finish di podium pertama sambil melupakan rasa kesalnya ke Biaggi dengan gesture yang kasar.

Itulah 5 aksi overtake pembalap motoGp di era milinium yang sangat fenomenal.

2 Responses to "6 Aksi Overtake Fenomenal di MotoGP"

wdcfawqafwef