Resep Cara Membuat Pindang Patin Palembang

Nianan - hay sahabatku sudahkah anda merasakan nikmatnya masakan khas palembang? Mungkin selama ini yang saya tahu khas kota palembang itu hanyalah pempek. Namun tahukah anda bahwa kota palembang juga memiliki olahan dari ikan yang rasanya sangat lezat. Namanya Pindang Patin.

Ikon kuliner Sumatera Selatan ini terpilih sebagai satu dari 30 ikon kuliner tradisional Indonesia oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berdasarkan penilaian panjang sejumlah pakar kuliner, di antaranya William Wongso dan Bondan Winarno. Di daerah Sumatera Selatan, hampir semua masakan pindang dibuat dari ikan. Yang paling populer adalah ikan patin dan ikan baung atau juga ikan belida.

Nah jika Anda tertarik membuat olahan ikan yang spesial ketimbang hari biasanya, Anda bisa mencoba Pindang Patin Palembang.

pindang patin.jpg
Img scr : lintasresep.blogspot.com


Nah berikut ini adalah resep membuat Pindang Patin Khas Palembang yang Saya Ambil dari kulinerbee.blogspot.com.

1. 1 kg ikan patin (bersihkan dan potong menjadi beberapa bagian).
2. 750 ltr air bersih.
3. 1/4 bh nanas (potong dadu besar sekitar 5x5 cm).
4. 4 cm lengkuas (geprek dan memarkan).
5. 1 btg serai (geprek dan memarkan).
6. 3 btg daun kemangi.
7. 2 btg daun bawang (potong kecil).
8. 2 lbr daun salam.
9. 1 lbr daun kunyit.
10. 1 sdm asam jawa (yang sudah dicairkan).
11. Garam secukupnya..

Bumbu yang dihaluskan :

1. 5 siung bawang putih.
2. 5 siung bawang merah.
3. 4 bh tomat cherry.
4. 10 bh cabai merah.
5. 3 bh cabai rawit.
6. 1 sdm terasi (bakar)..

Bahan-bahan untuk membuat sambal buah :

1. 1 buah mangga muda (iris tipis).
2. 30 bh cabai merah.
3. 5 bh cabai rawit.
4. 1 sdm terasi (bakar).
5. Garam secukupnya.

Cara membuat :

1. Pertama, rebus 750 ml air kemudian masukkan bumbu- bumbu yang dihaluskan.
2. Selanjutnya, masukkan pula lengkuas, serai, daun salam, daun kunyit, berserta asam jawa lalu masak hingga mendidih. Setelah mendidih, masukkan potongan ikan patin dan potongan nanas, lalu rebus kembali hingga ikan matang.
3. Selanjutnya masukkan potongan daun bawang dan daun kemangi, kemudian didihkan kembali kurang lebih 5 menit. Setelah mendidih angkat dan sajikan pindang ikan patin.

Cara membuat sambal buah untuk pindang patin : Pertama, ulek cabai merah, cabai rawit, terasi dan garam dan beri 1 sdm air minum, ulek hingga halus. Kemudian masukkan irisan mangga muda, lalu aduk dan ratakan menggunakan sendok saja. Terakhir sajikan sambal bersama pindang ikan patin..

Nah itulah cara membuat pindang patin palembang yang layak anda coba di rumah. Saya juga mengucapkan banyak terima kasih kepada inilah.com dan kulinerbee.blogspot.com. Untuk lebih lengkap lagi anda bisa mengunjungi kedua situs tersebut.

0 Response to "Resep Cara Membuat Pindang Patin Palembang"

Posting Komentar

wdcfawqafwef